Header

Berikut Tips Bersalin Normal Tanpa Robek, Tanpa Jahit, Tanpa Luka.

 Seringkali saat membesuk orang habis lahiran, yang diceritakan adalah pengalaman pas melahirkan termasuk luka jahitan setelah melahirkan normal. Dengarnya saja sudah ngilu ya.

Pasti terpikir, apakah jahit area kemaluan setelah melahirkan itu menyakitkan? Bagaimana agar v49in4 tidak robek saat melahirkan normal?

Jika saat ini kamu sedang hamil, pe ting juga mengetahui informasi dan tips melahirkan normal tanpa jahitan berikut ini dari Kami ya, Ma.

Saat melahirkan normal, area perineum atau dinding yang berada di antara v49in4 dan anus mampu meregang ketika bayi keluar. Meski demikian, masih ada kemungkinan perineum robek.

Tidak semua perineum yang robek saat melahirkan membutuhkan jahitan untuk pemulihan, mutlak diperlukan yang termasuk derajat 3 dan 4, tapi ini sangat jarang terjadi. Sedangkan derajat 2 biasanya perlu jahitan, bila tidak dijahit penyembuhan butuh waktu lebih lama.

Kada ibu yang baru melahirkan senang bila ia tidak ditangani dengan diberi jahitan untuk pemulihan karena tidak perlu merasakan pilu saat ditusuk jarum jahit.

Selain itu, tindakan menggunting perineum oleh dokter, yaitu episiotomi, juga umumnya perlu jahitan untuk menutupnya.

Daripada sakit dan perlu perawatan ekstra, lebih baik kamu mengetahui cara mencegah agar robek tidak meluas jadi tidak perlu dijahit saat melahirkan.

Berikut Kami bagikan tips melahirkan normal tanpa dijahit:

1. Memerhatikan posisi saat melahirkan
Posisi saat melahirkan sangat menentukan semuanya, termasuk kecepatan proses persalinan, durasi kontraksi, atau luka karena robekan di kemaluan.

Posisi yang berbeda saat melahirkan dapat menghasilkan tekanan yang berbeda pada perineum. 

Beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan antara lain berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan menaruh dua tangan ke arah depan di antara kedua paha.
2. Menerapkan pola hidup sehat selama hamil
Ada 4 hal paling penting yang bisa memengaruhi kelancaran saat persalinan. Ini perlu diperhatikan agar bisa melahirkan normal tanpa jahitan.
  • Dengan mengatur pola makan sehat dan vitamin yang cukup sesuai kebutuhan ibu hamil, maka kulit dan jaringan tubuh lain akan berfungsi secara optimal. 
  • Lengkapi dengan olahraga untuk ibu hamil dan senam kegel untuk membangun tubuh yang kuat. 
  • Lakukan relaksasi demi mengurangi stres selama hamil.
  • Lakukan pijat perineum dua kali dalam seminggu.
  • Gerakan memijat pada jaringan di sekitar v49in4 akan membuatnya lebih fleksibel, sehingga dapat memperbesar kemungkinan melahirkan normal tanpa jahitan. Pijat perineum dapat dimulai sejak kehamilan berusia 34 minggu. 


3.Menjaga perineum tetap hangat
Kondisi hangat akan membuat aliran darah meningkatkan dan melemaskan otot sekitar perineum.

Tempatkan handuk atau kain hangat di sekitarnya. Lakukan saat proses persalinan.

Jika memungkinkan, mintalah seseorang untuk menekan bagian perineum dengan handuk hangat untuk menjaganya tidak robek ketika kepala bayi mendorong keluar.

Meski jarang dilakukan, tapi sebenarnya cara ini cukup efektif.
4.  Gunakan kompres air hangat
Saat bayi Anda sudah turun ke dasar panggul dan akan segera keluar, kompres air hangat mungkin membantu mengurangi kemungkinan v49in4 robek. Kehangatan dapat meningkatkan aliran darah ke daerah perineum dan membantu mengendurkan otot v49in4 Anda. Hal ini membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit.

5. Mengatur pernapasan saat melahirkan
Umumnya, dokter atau perawat akan memberitahu kapan kamu harus mengejan. Biasanya itu dilakukan saat kontraksi datang.

Bila kontraksi sudah datang mengejanlah sekuat tenaga dengan cara yang benar. Saat kontraksi hilang, minta bantuan suster untuk mengusap pusar kamu dan kontraksi akan kembali datang.

Ketika kepala bayi sudah mulai tampak, maka calon mama akan diminta berhenti mengejan dan mengambil beberapa napas pendek yang dikeluarkan melalui mulut.

Hal ini akan membuat kepala bayi keluar dengan lembut dan perlahan, sehingga otot dan kulit perineum dapat meregang secara alami tanpa robek. 

Lakukan sesuai saran dokter atau bidan yang bertugas, ini adalah cara agar melahirkan normal tanpa jahitan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan mama ya.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Belum ada Komentar untuk "Berikut Tips Bersalin Normal Tanpa Robek, Tanpa Jahit, Tanpa Luka."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel