6 Tips dan Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian

 6 Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian dengan Mudah

Penyebab jamur pakaian ada bermacam-macam, mulai dari kebiasaan menyimpan baju dalam kondisi setengah basah sampai pada kebiasaan meletakkan baju basah dan kotor di keranjang cucian dalam waktu yang lama. Noda jamur ini tampak seperti bercak gelap yang tentu saja akan mengganggu penampilan Anda saat mengenakan pakaian berjamur itu.

Jika Anda memiliki pakaian yang ternoda jamur, Anda tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan 6 cara menghilangkan noda jamur pada pakaian dengan mengandalkan bahan-bahan yang sederhana. Yuk, langsung saja temukan cara dan bahan yang tepat untuk membersihkan noda jamur di pakaian kesayangan Anda.

Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian

1. Cuka Putih


Cara menghilangkan noda jamur pada pakaian yang paling mudah adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka yang biasanya Anda pakai sebagai bahan memasak ini dapat membasmi jamur pada pakaian sekaligus menghilangkan nodanya. Nah, inilah panduan menggunakan cuka putih sebagai bahan ampuh untuk menghilangkan noda jamur pada pakaian:

Campurkan cuka putih ke dalam air bersih.

larutan cuka ini ke bagian yang ternoda.

Gosok nodanya dengan sikat gigi bekas.

Selain menggosok noda jamur dengan cuka putih, Anda juga bisa merendam pakaian tersebut ke dalam campuran air bersih dan cuka putih. Hanya dalam waktu satu jam, noda jamur yang tadinya menempel di pakaian akan langsung hilang setelah Anda merendam pakaian tersebut ke dalam larutan cuka.

2. Pemutih

Punya pemutih pakaian di rumah? Manfaatkan pemutih ini untuk menghilangkan noda jamur di pakaian. Akan tetapi, Anda harus hati-hati karena pemutih ini hanya untuk pakaian putih saja. Jika Anda ingin memakai pemutih untuk menghilangkan jamur di pakaian berwarna, maka risikonya warna pakaian menjadi pudar.

Sebelum memakai produk alangkah baiknya Anda mengecek label perawatan yang tertera pada pakaian. Jika pakaian aman dengan pemutih, silakan ikut cara-cara berikut ini:

•Larutkan pemutih ke dalam satu ember air.

•Masukkan pakaian yang bernoda jamur ke dalam ember tersebut.

•Setelah 30-45 menit, periksa nodanya apakah sudah benar-benar hilang.

•Jika noda jamurnya belum hilang, kucek pakaian tersebut sampai noda jamurnya hilang.

Penggunaan produk memang dapat merusak serat pakaian. Namun, apabila Anda hanya menggunakannya satu kali saja, maka serat tidak akan rusak. Asalkan Anda tidak merendam pakaian terlalu lama di dalam larutan pemutih.

3. Boraks

Pada dasarnya, boraks adalah garam mineral konsentrasi tinggi. Namun, kali ini Kamini akan mengajak Anda membersihkan noda jamur dengan menggunakan boraks. Untuk mendapatkan boraks, Anda bisa mencari di toko bahan kimia. Cara menghilangkan noda jamur pada pakaian dengan menggunakan boraks adalah sebagai berikut:

•Campurkan 3-4 sdm boraks bubur ke dalam satu ember air.

•Aduk larutan boraks ini secara merata.

•Masukkan pakaian yang ternoda jamur ke dalam larutan boraks.

•Rendam pakaian selama 30-45 menit.

Setelah direndam, angkat pakaian dan cek kembali keberadaan noda jamur di pakaian. Bila masih ada noda jamur, kucek bagian yang ternoda di dalam campuran air dan boraks itu.

Sebelum merendam pakaian dalam larutan boraks, sebaiknya teteskan terlebih dahulu terlebih dahulu larutan boraks ke bagian kecil pakaian. Jika tidak ada masalah pada pakaian Anda, lanjutkan untuk merendam pakaian dalam campuran air dan boraks tadi.

4. Soda Kue

Baking soda adalah solusi untuk mengatasi segala jenis noda pada pakaian. Nah, noda jamur juga dapat dibersihkan dengan menggunakan baking soda. Segera ambil baju Anda yang ternoda jamur, lalu lakukan perbaikan noda dengan memanfaatkan baking soda. Cara menghilangkan noda jamur pada pakaian dengan menggunakan baking soda adalah:

•Buat pasta baking soda terlebih dahulu dengan mencampurkan air dan baking soda secukupnya.

•Oleskan pasta baking soda ini ke bagian yang ternoda jamur.

•Diamkan selama 15 menit, lalu gosok dengan memakai sikat sikat halus atau sikat gigi bekas.

•Bilas pakaian dengan air bersih.

Jika noda jamurnya masih menempel, segera ulangi cara membersihkan noda jamur dengan baking soda. Kalau noda jamurnya berhasil hilang, pakaian tersebut bisa langsung dicuci dengan menggunakan deterjen.

5. Deterjen

Apabila noda jamurnya terdapat pada pakaian berwarna atau putih, atasi saja dengan deterjen. Produk deterjen pakaian sejatinya dapat mengatasi segala jenis noda, termasuk noda jamur. Namun sebelumnya, alangkah lebih baik jika Anda membaca label petunjuk perawatan pakaian yang tertera. Pasalnya, ada pakaian yang hanya bisa dicuci dengan deterjen yang ringan.

Ketika Anda sudah memastikan bahwa pakaian yang ternoda jamur ini aman direndam di dalam deterjen, segera lakukan langkah-langkah ini:

•Teteskan deterjen cair ke bagian yang ternoda jamur.

•Diamkan selama kurang lebih satu jam.

•Gosok nodanya dengan menggunakan sikat gigi bekas.

•Setelah itu, cuci pakaian dengan deterjen yang dapat menghilangkan noda.

•Tidak perlu mengeringkan pakaian di dalam mesin cuci, langsung saja jemur pakaian di luar agar mengering secara alami.

6. Lemon dan Garam

Pemutih memang tidak aman untuk segala jenis baju. Ada jenis-jenis baju yang justru berisiko rusak jika direndam di dalam pemutih. Cara menghilangkan noda jamur pada pakaian tanpa menggunakan pemutih adalah memanfaatkan lemon dan garam. Kombinasi dua bahan ini dijamin aman dan tidak merusak serat kain.

Belum ada Komentar untuk "6 Tips dan Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Pakaian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel