Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Anda Mengkonsumsi Obat

Kategori : Berita Kesehatan
Perlu anda ketahui, beberapa jenis obat bisa memiliki efek yang berbahaya ketika diminum bersamaan dengan makanan tertentu. Maka dari itu sebaiknya anda baca terlebih dahulu peringatan yang tertera pada obat tersebut. Lebih baik lagi jika anda bertanya pada dokter yang memberikan resep, makanan apa yang harus dihindari sesaat ketika anda telah mengkonsumsi obat tersebut.

Seperti yang diketahui, Grapefruit merupakan jenis makanan yang harus dihindari sesaat setelah meminum obat karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. TBukan hanya grapefruit saja, ada beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari sesaat setelah anda mengkonsumsi obat.

minum obat, makanan berbahaya setelah minum obat

Diantara makanan tersebut adalah:

1. Makanan yang mengandung Vitamin K

Jenis makanan yang mengandung banyak Vitamin K dapat memberikan efek pada warfarin (obat anticoagulant atau pengencer darah) menjadi tidak efektif. Seperti yang di nyatakan oleh Institut Kesehatan Nasional Inggris. Warfarin ini adalah jenis obat yang biasa diresepkan, sebaiknya baca obat yang anda minum, apakah mengandung warfarin.

Contoh makanan yang kaya akan Vitamin K antara lain peterseli dan ketumbar, sayuran hijau seperti bayam dan swiss chard, kedelai, buncis, keju cheddar, dan teh hijau.

2. Likoris hitam

Likoris hitam ini berbahaya bagi mereka yang mengkonsumsi obat untuk paisen gagal jantung ataupun yang mengalami masalah irama detak jantung. Makan makanan ini secara berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan toksitasi bagi orang-orang yang sedang mengonsumsi obat Lanoxin, yaitu obat untuk penderita gagal jantung. Tidak hanya itu saja, Likoris juga membuat obat tekanan darah tinggi dan diuretik menjadi kurang efektif. Hal tersebut dipaparkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

3. Makanan yang Mengandung kalsium

kalsium juga memberikan efek yang kurang baik ketika dikonsumsi ketika sesaat ketika anda mengkonsumsi obat tertentu. Kalsium dari makanan yang terbuat dari susu atau suplemen bisa berdampak pada penyerapan obat tiroid atau antibiotik seperti ciprofloxacin atau levofloksasin.  Hal ini dinyatakan oleh Dr David Juurlink, ahli keamanan obat di Universitas Toronto.

4. Alkohol

Hindarilah meminum alkohol sesaat setelah anda mengkonsumsi obat. Alkohol dapat menimbulkan bahaya sesaat setelah anda mengonsumsi berbagai obat, termasuk obat pengencer darah seperti warfarin, antibiotik, anti-depressant, obat insomnia (penenang), obat diabetes, anti-psikotik seperti Thorazine dan obat anti-kejang. Efek alkohol ini tergantung pada obat yang dikonsumsi, misalnya pada beberapa obat diabetes, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan rasa mual atau sakit kepala. Hal ini disampaikan oleh Jasa Layanan Kesehatan Alberta.
100out of 100 based on 100099 ratings. 1 user reviews.
Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Anda Mengkonsumsi Obat
Reviewed by Sahabat Sehat on 12/02/2012 Rating: 4.9 dari 5