7 Tips Cara Berhenti Merokok

Kategori : Berita Kesehatan
7 Tips cara berhenti merokok dengan mudah - Berhenti merokok bukanlah hal gampang bagi para perokok berat. Bahkan ketika mereka sakit sekalipun umumnya hanya berhenti untuk sesaat, ketika sudah sedikit baikan maka akan kembali pada kebiasaan lama tersebut, yaitu merokok. Sirkulasi tersebut akan berlangsung terus menerus, meskipun ada masa dimana keinginan perokok tersebut ingin berhenti secara total, namun pada akhirnya kandas di tengah jalan karena berbagai alasan. 

Sebenarnya  informasi akan bahaya yang disebabkan oleh rokok ini banyak bersebaran di berbagai media. Sebelumnya juga dibahas disini seputar bahaya rokok baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Mengingat bahaya tersebut, maka artikel ini bertujuan untuk membantu mereka yang sadar akan bahaya merokok dan ingin berhenti dari kebiasaan tersebut.

cara berhenti merokok

Berikut ini cara berhenti merokok:

1. Motivasi - Bulatkan Tekad Apa Tujuan Anda Berhenti Merokok

Ketika anda ingin berhenti merokok tetapi tak tahu tujuan kenapa anda ingin berhenti maka program tersebut tidak akan berhasil. Ketika alasan anda sekedar "merokok tidak baik untuk kesehatan" maka alasan tersebut kurang kuat dan kurang spesifik. Anda bisa memulai untuk menentukan alasan yang lebih spesifik dan kuat, misalnya: Niatkan bahwa anda ingin melindungi keluarga sebagai perokok pasif yang lebih besar resikonya, bisa juga anda berfikir tentang resiko kanker paru-paru yang akan anda derita kelak. Seperti itulah alasan yang lebih spesifik, anda bisa menentukan alasan seperti diatas tersebut sebagai motivasi anda.

2. Lakukan Secara Bertahap

Rokok membuat seseorang kecanduan, untuk melepaskan diri dari rasa kecanduan rokok tersebut maka bisa dilakukan dengan cara mengurangi frekuensi merokok secara bertahap. Dengan demikian pikiran dan tubuh kita akan mulai terbiasa terhindar dari nikotin sedikit demi sedikit.

3. Kenali Waktu dan Situasi dimana Anda Paling Sering Merokok

Bagi para perokok ada waktu dimana kebiasaan merokok ini paling sering dilakukan, misalnya saat menunggu, sesudah makan, nongkrong bareng teman-teman, dan lainya. Alihkan kebiasaan tersebut dengan aktifitas lainya, misalnya mengunya permen sebagai pengganti.

4. Tahan Keinginan Anda dengan Menunda
Menahan diri adalah salah satu kunci dimana anda akan dapat mengendalikan diri dari keinginan merokok. Caranya cukup mudah, setiap kali anda merasakan dorongan kuat untuk merokok, tundalah hal tersebut selama 5 menit sebelum anda menyalakan rokok tersebut. Di hari berikutnya jika muncul dorongan tersebut tingkatkan penundaan menjadi 10 menit, tambah 5 menit penundaan setiap harinya. Dengan cara ini tubuh Anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan.


5. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga secara teratur seperti jogging dan jalan kaki akan membantu anda mendapatkan mood yang lebih baik, tubuh dan pikiran pun jadi fresh. Dengan aktifitas olahraga ini akan membuat anda terhindar dari strees, sehingga anda tidak perlu merokok lagi sebagai alasan untuk menghilangkan stress.

6. Minta Dukungan dari Keluarga dan kerabat
Mitalah dukungan dari keluarga anda dengan cara meminta mereka mengingatkan anda. Dukungan teman dan kerabat dekat juga akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anda berhenti merokok.

7. Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Terapi
Cara yang satu ini patut di coba, kata pepatah sebaiknya segala sesuatu serahkan pada ahlinya. Demikian juga berhenti merokok, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli terapi. Pastinya dokter memiliki resep yang dapat membantu anda menghadapi ketergantungan pada nikotin.

Demikian 7 cara berhenti merokok yang dapat anda terapkan. Agar hasilnya maksimal sebaiknya lakukan dengan tekad yang kuat. 

100out of 100 based on 100099 ratings. 1 user reviews.
7 Tips Cara Berhenti Merokok
Reviewed by Sahabat Sehat on 12/23/2012 Rating: 4.9 dari 5