Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur) Tanpa Obat

Kategori : Berita Kesehatan , Insomnia
Apakah anda mengalami kesulitan untuk tidur? maka bisa jadi anda mengalami gejala Insomnia. Selanjutnya jika itu terjadi, maka bagaimanakah cara mengatasi Insomnia tersebut?. Sebelum anda berspekulasi terlalu jauh ada baiknya anda kenali dulu apakah itu Insomnia.

Menurut situs Wikipedia Indonesia, Insomnia adalah gejala dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, bukan hanya itu saja, pengidap Insomnia biasanya juga kesulitan menjaga tidur agar tetapnyenyak.

Insomnia sendiri umumnya disebabkan oleh faktor psikologis, meskipun ada beberapa kasus disebkan oleh faktor lain misalnya, terlalu sering begadang, minum minuman yang mengandung banyak caffein, beban pekerjaan, dan gangguan kesehatan.

Penanganan pada penderita susah tidur ini biasanya menggunakan obat-obatan. Untuk menghindari dampak yang tidak di inginkan maka ada baiknya mencoba beberapa tips berikut untuk mengobati insomnia tanpa harus  ada ketergantungan dengan obat.

Insomnia, sudah tidur

1. Gunakan terapi Musik dengan gelombang Beta Brain

Mendengarkan musik yang dibuat khusus untuk menjadikan otak pada gelombang beta bisa sangat membantu untuk membuat kita cepat tertidur. Bagi para pengguna smartphone berplatform Android, Apple, dan lainya sudah banyak menyediakan aplikasi gratis berupa musik untuk otak (Brain Wave).

2. Buat tempat tidur anda senyaman mungkin

Tempat tidur yang nyaman akan memberikan dampak pada pelepasan rasa lelah tubuh untuk bisa lebih rileks. Ketika tubuh sudah rileks maka akan lebih mudah bagi anda untuk tidur. Buatlah tempat tidur anda seolah tempat pelepas lelah, dengan pencahayaan yang redup, selanjutnya lengkapi dengan aroma terapi yang segar.

3. Latihan Meditasi dan Pernafasan

Meditasi sudah dikenal dari dulu manfaatnya untuk membuat tubuh menjadi rileks. Imbangi latihan meditasi dengan pernafasan yang halus dan tenang. Saat melakukan meditasi, usahakan anda melupakan semua permasalahan, kembalikan semua beban hidup pada sang pencipta. Fokuskan fikiran anda hanya pada satu titik dalam fikiran anda, serta bayangkan anda berada di sebuah tempat yang paling anda sukai dan yang sangat tenang. Tanpa anda sadari, dalam beberapa menit anda sudah terlelap.

4. Hindari makan dan minum berlebihan menjelang waktu tidur

Makan yang berlebihan atau terlalu kenyang menjelang waktu tidur akan membuat perut tidak nyaman dan akhirnya membuat gelisah dan susah tidur. Begitu pula terlalu banyak minum, hal tersebut dapat membuat anda ingin buang air kecil saat sedang mencoba tidur, bisa jadi saat baru tertidur harus terbangun untuk ke kamar kecil.

5. Hindari beraktifitas di tempat tidur

Tempat tidur sebaiknya hanya digunakan untuk tidur. Jika  beraktifitas di tempat tidur akan berdampak hilangnya suasanya tempat tidur sebagai tempat peristirahatan. Perasaan tersebut dapat menggangu mindset otak yang biasanya terprogram untuk mengatuk ketika tubuh berada di tempat tidur jadi tidak mengantuk lagi karena kebiasaan beraktifitas di tempat tidur.

5. Rajin Berolah raga

Ternyata beberapa penelitian menyebutkan bahwa berolahraga secara teratur dapat memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat mampu membuat anda melawan strees yang menyebabkan susah tidur. Olahraga bagi penderita Insomnia sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Demikian beberapa cara mudah untuk mengatasi susah tidur akibat Insomnia. Dengan melakukan tips diatas secara konsisten dan teratur maka dampak yang dirasakan akan semakin maksimal.
100out of 100 based on 100099 ratings. 1 user reviews.
Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur) Tanpa Obat
Reviewed by Sahabat Sehat on 12/01/2012 Rating: 4.9 dari 5