Ciri-ciri Makanan Sehat

Kategori : Makanan
Makanan sehat merupakan hal terpenting dalam menjaga kesehatan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menimbulkan efek yang tidak baik dan dapat menggangu kesetabilan metabolisme tubuh. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh maka diperlukan pemahaman terhadap jenis makanan yang sehat untuk di konsumsi dan yang tidak baik.

Inilah ciri-ciri makanan sehat yang baik untuk tubuh:

1. Mengandung zat yang dibutuhkan tubuh

Kategori makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung cukup gizi serta zat lain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, zat penting tersebut diantaranya adalah
a. Karbohidrat sebagai sumber energi utama yang sangat penting bagi tubuh.
b. Protein dibutuhkan untuk memangun sel pada tubuh.
c. Lemak sebagai komponen sel dan jaringan serta melarutkan vitamin dan cadangan energi
d. Vitamin untuk memperlancar metabolisme tubuh dan sel
e. Mineral sebagai komponen yang turut serta membangun struktur tubuh dan ikut memperlancar proses pisiologis di dalam sel.
f. Serat berfungsi untuk memperlancar pencernaan pada saluran cerna.
g. Air untuk melarutkan vitamin dan gizi

makanan sehat alami

2. Segar dan Alami

Bukan rahasia lagi, makanan yang segar tentu saja lebih baik daripada makanan yang sudah disimpan berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Makanan yang masih segar kandungan gizi dan vitaminya masih terjaga. Sementara makanan yang sudah lama disimpan, kandungan zat bermanfaat akan semakin menurun kualitasnya.

3. Tidak mengandung zat-zat berbahaya

Ada kalanya makanan tampak alami dan segar saat kita lihat sepintas. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan baha makanan tersebut benar-benar segar dan alami. Makanan segar memang di perlukan untuk menjamin ketersediaan zat gizi di dalamnya, akan tetapi apabila kesegaran yang tampak tersebut di sebabkan oleh faktor lain yang merupakan perlakuan khusus pada bahan makanan tersebut. Misalnya, bahan makanan yang berasal dari tumbuhan yang tampak segar dikarenakan pertumbuhannya di bantu oleh pemberian pestisida namun pemberian pestisida ternyata berlebihan. Bisa juga bahan makanan olahan yang tampak segar karena menggunakan zat-zat pengawet. Hal tersebut bisa memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Kandungan berbahaya pada makanan diantaranya adalah: pengawet, pewarna, penyedap rasa, ( zat aditif ) adalah beberapa zat yang banyak menimbulkan penyakit didalam tubuh.

Bahan pengawet
Bahan pengawet yang masih diperbolahkan oleh BPOM dalam jumlah terbatas yaitu : Benzoat, propionat, nitrit, nitrat, sorbat dan sulfit. Sedangkan yang dilarang yaitu formalin dan borak, yang mana kedua zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi..

Untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan berbahya tersebut dibutuhkan kejelian dan ketelitian serta kewaspadaan tinggi. Sebisa mungkin utamakan makanan sehat yang segar dan alami daripada makanan olahan yang tidak jelas proses serta komposisi yang digunakan. Jika memang terpaksa mengkonsumsi makanan olahan minimal lihat izin dari dinas kesehatan ataupun BPOM.
100out of 100 based on 100099 ratings. 1 user reviews.
Ciri-ciri Makanan Sehat
Reviewed by Sahabat Sehat on 10/23/2012 Rating: 4.9 dari 5