Cara Menghitung Usia Kehamilan [Online]

Kategori : Kehamilan
Saat perempuan berhenti "men" biasanya di indikasikan dengan kehamilan. Namun tak jarang kaum hawa yang bingung bagaimana cara menghitung usia kehamilan online dengan tepat dan mudah. Maka dari itu tips berikut akan sangat bermanfaat untuk mengetahui usia kehamilan secara online dan manual.

Dengan mengetahui usia kehamilan, maka perencanaan selanjutnya untuk mempersiapkan berbagai keperluan pun bisa segera dilakukan. Nutrisi apa yang diperlukan saat usia kehamilan tri semester awal, kedu, dan ketiga? apa pantangan-pantanganya?, apa yang harus dilakukan calon ibu? bagaimana senam hamil dilakukan?, kapan bayi akan lahir?, semua itu akan mudah dilaksanakan ketika kita tahu usia kehamilan tersebut.

usia kehamilan

Hitung Usia Kehamilan ONLINE

Silahkan arahkan mouse tepat dimana anda terakhir mengalami "men/haid" pada diagram dibawah. Silahkan lihat dan amati hasil tersebut untuk mempersiapkan kelahiaran bayi anda.

Klik di area lingkaran, lalu gerakkan mouse untuk memutar lingkaran sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.

sumber diagram: ibuhamil.com

Hitung Usia Kehamilan Manual

Ada dua hal penting dalam menghitung usia kehamilan yaitu HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dan panjangnya siklus haid. kaum hawa biasanya memiliki siklus haid yang berbeda-beda dan juga memiliki panjang siklus yang berbeda-beda pula.

Patokan utama untuk penghitungan ini adalah HPHT dan panjangnya siklus. Rata-rata panjang siklus haid seorang wanita berkisar antara 25-32 hari. Meskipun ada kalanya siklus tersebut memanjang atau memendek, Akan tetapi mayoritas siklus wanita  adalah 28-30 hari.

Contoh kasus:

Panjang siklus haid seorang wanita adalah 28 hari, dengan HPHT pada tanggal 2 September 2012. Asusmsi yang digunakan adalah panjangnya siklus 28 hari, berarti ia akan mengalami haid berikutnya pada tanggal 30 September 2012, maka masa subur wanita tersebut sekitar tanggal 15-17 September. Umpamakan ovulasi terjadi pada tanggal 16 September, ketika terjadi pembuahan pada hari itu, maka itulah hari pertama usia kehamilan. Jika hari ini tanggal 30 Oktober 2012, maka usia kehamilan wanita itu adalah 7-8 minggu.

Kesepakatan internasional dalam menghitung usia kehamilan yaitu penghitungan umumnya ditandai dengan satuan minggu. Menurut contoh kasus di atas sebenarnya kehamilan baru terjadi pada minggu ke-3. Dikarenakan jarang sekali wanita yang benar-benar tahu secara pasti kapan mereka mengalami ovulasi, maka penghitungan “ditambah” 2 minggu sebelum terjadi ovulasi, yaitu dihitung sejak HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) atau hari pertama setelah haid. Jika seseorang telah hamil maka biasanya di ikuti dengan gejala dan tanda kehamilan yang tentu saja berbeda-beda.
100out of 100 based on 100099 ratings. 1 user reviews.
Cara Menghitung Usia Kehamilan [Online]
Reviewed by Sahabat Sehat on 10/31/2012 Rating: 4.9 dari 5